Andrea Iannone dilarang 18 bulan terlibat dalam balapan karena steroid ilegal yang ditemukan dalam hasil tes urinenya. Zat tersebut dianggap doping.banner-ads

Iannone diberikan larangan 18 bulan sejak Oktober ketika pelanggaran tersebut pertama kali ditemukan. Padahal rider Aprilia itu mengaku telah menelan zat secara tidak sengaja.

Iannone telah mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga (CAS) agar larangan ini dibatalkan. Sebab ada beberapa kasus sebelumnya yang serupa kemudian dibatalkan.

Namun, Badan Anti-Doping Dunia juga telah mengajukan permintaan agar hukuman Iannone diperpanjang hingga larangan empat tahun. Kasus ini sedang ditinjau, meskipun Aprilia menunggu Iannone melalui proses tersebut.



Tapi dengan tuntutan yang lebih lama, Iannone makin diragukan kembali cepat. Ada Danilo Petrucci yang disebut bakal menggantikan peran tersebut, setelah kini ada nama baru yaitu Bradley Smith.

Smith bergabung dengan Aprilia tahun lalu sebagai pembalap penguji setelah kehilangan tempatnya di skuad KTM. Hasil terbaiknya datang di Jerez, di mana ia finish di urutan ke-17, sementara ia tersingkir dari Qatar dan Catalan setelah tabrakan dengan rekan satu timnya Aleix Espargaro.

Smith telah melakukan tugas pengujian untuk Aprilia selama musim dingin. Pembalap Inggris itu kini masih jadi rider test yang masuk sebagai bagian dari tes pribadi kelompok yang diselenggarakan oleh Ducati, Suzuki dan KTM.

Meskipun belum mengkonfirmasi, Smith disebut hampir pasti akan berbaris di grid untuk GP Spanyol pada 19 Juli dan GP Andalusia di sirkuit yang sama minggu depannya.