Yamaha menambahkan beberapa part dalam YZR M1 terbaru mereka. Versi terbaru itu menambahkan perangkat holeshot saat debut di Sepang.banner-ads

Perangkat tersebut sebenarnya sudah lama dipasang oleh Ducati dan Aprilia. Ada sakelar yang bisa mengubah kekakuan suspensi motor yang mengakibatkan pengaruh besar terhadap anti wheelie.

Perangkat holeshot bekerja menurunkan pusat gravitasi yang merupakan faktor pembatas untuk akselerasi MotoGP maksimum. Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan pembalap penguji, Kohta Nozane, memasang perangkat holeshot pada M1 mereka di Sepang.

"Saya tidak tinggi. Jadi, setidaknya saya bisa mempertahankan motor dengan lebih baik!" kata Vinales. "Sebelumnya, saya sangat takut. Sekarang saya bisa mempertahankan motor dengan lebih baik. Itu bagus!"



Tidak jelas kapan Rossi mencoba sistem itu, tetapi Nozane pasti menggunakannya pada akhir hari kedua. Sementara rider Petronas Yamaha Fabio Quartararo, yang juga memiliki Factory-Spec M1, melakukan banyak latihan dimulai pada akhir pitlane, di hari terakhir ia tidak memakai sistem holeshot.

"Tidak. Saya tahu Yamaha sedang mengerjakan sistem baru untuk holeshot. Mereka sedang dalam proses, jadi ketika mereka yakin 100 persen, kami akan menggunakannya," kata rider Prancis itu.