Tapi kemauan Yamaha buat bikin motornya paling kenceng masih jadi PR. Tahun lalu saja, mereka gak lebih kenceng dari Ducati.

banner-ads

Di tes pramusim di Sepang, Malaysia, Yamaha memang sudah menunjukkan perbedaan secara performa mesin. Fabio Quartararo menikmati peningkatan kecepatan motornya.

Baca Juga: Yamaha Ancam Pecat Ridernya

Tapi, Yamaha belum lebih cepat. Motor dari pabrikan biru ini diharapkan punya lebih banyak tenaga lagi.

Secercah harapan dikasih oleh Massimo Meregalli, Direktur Tim Monster Energy Yamaha.

“Kami belum bisa mengevaluasi semua komponen. Di satu sisi kami bahagia. Di sisi lain masih ada kekurangan yang harus segera kami benahi,” ujar Massimo Meregalli.

“Kami punya tiga target tinggi, mesin, aerodinamis, dan untuk mengembalikan kemampuan menikung yang hilang dalam dua tahun terakhir. Di setiap area, kami melakukan banyak upaya.”

Harapan Massimo Meregalli itu sebenarnya mau diaplikasikan oleh kru Yamaha. Cuma waktu yang tersisa sebelum balapan dimulai sudah mepet.

Akhirnya Yamaha menyiapkan dua mesin yang beda.

“Kami memiliki dua mesin yang sedikit berbeda, kedua pembalap menyukai satu. Setidaknya topik utama sudah diperbaiki dan diputuskan.”

“Kami perlu mengevaluasi kembali beberapa hal aero di Portimao. Tidak mudah untuk mengevaluasi semuanya dalam satu tes. Seharusnya akan lebih baik jika melakukannya di dua trek yang berbeda.”

Jadi, kira-kira Yamaha bisa gak ninggalin motor lainnya pada musim ini?