Seringkali Ketika kita menonton sebuah film yang adegannya di depan cermin, tapi entah apa yang dilakukan, cameraman beserta kameranya tidak terlihat. Kalian penasaran gak sih, tri kapa yang digunakan supaya kameranya gak terlihat di cermin? Berikut ini akan kami ulas, bagaimana cara menghilangkan kamera agar tidak terlihat di depan cermin saat take video. 

1. Kamera diletakan dengan sudut miring. 



Trik ini adalah yang paling mudah digunakan. Kita hanya perlu melakukan take video dengan posisi kamera dari sudut cermin, sehingga memungkinkan kamera kita tidak memantul melalui cermin tersebut. 

2. Menggunakan pinhole camera



Ini juga bisa membuat kamera tidak terlihat di cermin lho! pinhole camera adalah kamera sederhana tanpa lensa, namun menggunakan sebuah tingkap yang berukuran sangat kecil (yang disebut sebagai lubang jarum), yang dapat dikatakan sebagai kotak kedap cahaya yang memiliki lubang kecil pada sisi lainnya. Cahaya dari luar masuk melalui tingkap tersebut, sehingga menghasilkan gambar terbalik pada sisi yang berlawanan dari kotak itu, yang dikenal sebagai efek kamera obskura.

3. Menggunakan green screen



Trik yang satu ini memang agak rumit, karena diperlukan keahlian editing yang hebat juga untuk bisa melakukannya. Cara menggunakan trik ini dengan menempatkan kamera dan kru tepat di belakang aktor yang berada di depan cermin. Cermin tersebut harus kita lapisi dengan green screen, yang kemudian akan ditambahkan elemen film ke dalam green screen tersebut melalui proses editing. 

Nah, itu dia beberapa trik yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan kamera saat shoot di depan cermin. Pantau terus @lensacommunity di Instagram untuk mendapatkan update terbaru seputar visualgrafi mulai dari fotografi, videografi, vlog dan lain sebagainya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!