Apa yang lo pikirkan ketika melihat motor di atas secara sekilas? Mungkin sebagian dari lo pasti berpikir bahwa motor tersebut sangat compact, dan mungkin berukuran mini.

Padahal, motor sport tersebut adalah sebuah modifikasi yang dilakukan oleh Bottpower terhadap sebuah Yamaha XSR900 yang punya postur cukup bongsor. Bottpower sendiri adalah bengkel modifikasi dari Valencia, Spanyol yang punya spesialisasi untuk motor sport berbasis Buell dan Yamaha.

Bottpower sengaja membuat sebuah motor dengan tampilan yang agresif, dan semua beban visualnya dipadatkan di bagian depan. Emang secara sekilas aja kelihatannya seperti itu, Bro. Motor ini punya ukuran yang lebih pendek dari motor biasanya. Postur bagian depan pun bikin motornya kelihatan sedikit lebih kecil meskipun punya desain yang agresif.


Hugo van Waaijen, desainer senior dari Bottpower mengatakan desain motor ini mengingatkannya pada seekor Pitbull dengan otot bahu yang sangat kekar. Hal ini terpancar lewat desain bagian depannya yang sangat padat.

Meski kelihatan kekar di bagian depan, motor ini punya pemangkasan berat yang lumayan signifikan. Soalnya, banyak dari part bodywork yang terbuat dari material serat karbon. Bagian-bagian yang menggunakan material karbon adalah cover tangki bahan bakar, cover radiator, winglet, dan nasel untuk aerodinamis di bagian depan.


Bottpower sengaja mendesain motor ini untuk balapan resmi. Mereka mendesain motor ini untuk ikut di ajang balap Pikes Peak.

Meski begitu, gak ada bagian performa yang dirombak oleh Bottpower. Tapi untuk mendapatkan kesan racing yang lebih kental, Bottpower memasangkan knalpot Akrapovic pada sistem pembuangan motor yang diberi nama XR9 ini. Bengkel modifikasi ini lebih menekankan sisi visual sekaligus menciptakan tampilan yang dapat berguna juga secara fungsional.

XR 9 sendiri dibuat sebagai prototipe motor balap buatan Bottpower secara pribadi. Meski begitu, mereka berencana untuk memproduksinya lebih dari satu untuk menunjukkan bahwa mereka serius dalam menggarap motor untuk ajang profesional.