Yamaha XT600 adalah salah satu rilisan ikonik dari Yamaha, terutama di dunia off road. Motor satu ini adalah penerus dari XT500 yang merupakan motor juara dua gelaran Rally Dakar pertama. Dengan merilis versi street bike, XT600 jadi motor yang bisa menjajal segala medan.

Fran Manen dari Lord Drake Kustoms ingin sedikit mengubah motor ini tanpa menghilangkan fungsi off road-nya. Muncullah ide untuk mengubah XT600 jadi sebuah scrambler bergaya militer yang bisa menjajal medan berat sekaligus melaju di jalanan aspal.


Fran pun akhirnya mendapatkan XT600 E yang rilis tahun 2001 lalu dalam kondisi mengenaskan.

Langkah pertama dari modifikasinya tentu aja dengan melucuti semua part yang masih melekat pada motor tersebut. Lalu dirinya merombak bagian chassis dan mengubah dan memasangkan settingan inverted fork yang didukung oleh roda berukuran 19 inch. 

Fran pun mengganti cover tangki bensin dengan sebuah tangki bensin yang melengkung. Namun dirinya sangat hati-hati dalam memasangkan tangki bensin tersebut supaya fuel cell-nya tidak perlu pindah posisi. Gak lupa di bagian depan Fran memasangkan handlebar bergaya sepeda BMX.


Gak banyak yang diubah pada bagian mesin, Fran hanya mengganti part yang membutuhkan perbaikan.

Setelahnya, motor ini dicat menggunakan powder coating berwarna hitam di seluruh bagian frame. Sedangkan pada bagian tangki bensin, Fran menggunakan warna hijau ala militer Spanyol, tempat dirinya tinggal.

Dengan headlamp berwarna kuning, motor ini seakan menegaskan dirinya punya tampilan ala militer yang siap untuk menjajal segala medan off road yang dilaluinya.

Baca Juga: Yamaha XT600 Scrambler Vintage Buatan AdHoc