BMW R100 Bobber Klasik dari Jepang

LAZONE.ID - Sebuah proyek yang jarang terjadi di negara Matahari Terbit.

Dari basis mereka di Hiroshima, Heiwa Motorcycles memproduksi segala macam bobbers cantik. Sebuah BMW R100 bobber 1981 dibuat dengan sangat rendah.

Mesin boxer itu datang ke bengkel kecil mereka dengan konsep besar. Sebuah pemandangan yang jarang terlihat di kawasan Jepang.

"Ketika kami pertama kali menemukan bagian-bagian motor, cat dan kustomisasi sangat buruk," kata Kengo Kimura.

Cat motor tersebut terlalu tebal, joknya pun compang-camping dan tak berjalan dengan baik. Motor itu terlihat seperti bencana terbesar kedua yang telah dilihat di Hiroshima.

BMW R100 Bobber Klasik dari Jepang

Hal pertama yang Kimura san lakukan adalah untuk memisahkan mesin dari part bobrok. Mereka memilih mekanik serta pabrikasi yang masih bisa terpakai.

"Kami merombak isi mesin dan membersikhkan tampilannya dengan sempurna," tuturnya.

Kengo memang dikenal sebagai prang yang memiliki sedikit kata. Ia lebih banyak bertindak ketimbang berbicara.

Bagian suspensi juga menjadi sorotan besar. Ia menurunkan garpu depan dengan ujung yang kembali dirapikan dengan sangat baik.

BMW R100 Bobber Klasik dari Jepang

Ada indikator baru, lampu rem dan fender belakang yang sangat membantu. Salah satu sentuhan favorit sang builder adalah jok merah yang mengingatkan model BMW GS.

Frame motor itu pun dirombak besar-besaran. Bentuknya kini menjadi datar sesuai dengan tangki bahan bakar.

“Untuk mendapatkan garis horizontal dari bingkai, saya harus mengulanginya beberapa kali. Saya ingin menyeimbangkan jok, suspensi depan, panjang suspensi belakang, dan seterusnya," ungkapnya.