BMW R18 Siap Injak Harley dan Indian

LAZONE.ID - Motor cruiser Eropa ini jadi tantangan berat dua pabrikan Amerika.

BMW berencana untuk menginjak kaki Harley dan Indian. Mereka bikin R18 yang satu model dengan dua pabrikan itu.

BMW mencelupkan kakinya di kolam cruiser dengan motor tersebut. Setelah hampir setahun menggoda, akhirnya BMW akan memulai debutnya 3 April dengan R18.

Mari kita bicara tentang mesin karena itu satu-satunya hal tentang R18 baru yang telah lama dibahas oleh BMW. Dalam siaran pers yang diterbitkan pada bulan November 2019, pabrikan menggambarkan mesin baru ke dalam rincian.



Udara besar dan flat-twin berpendingin oli memiliki kapasitas 1,802cc dengan bore 107mm dan stroke 100mm. Mesin ini menggunakan katup over-head dengan camshaft ganda, mengingatkan pada mesin boxer awal BMW.

BMW mengumumkan peringkat daya pada 91 tenaga kuda pada 4.750 rpm dan torsi 116,5lb-ft pada 3.000 rpm dengan redline yang ditetapkan pada 5.750 rpm. Siaran pers juga menyatakan bahwa mesin berbobot 244,3 pound. Mesin dikawinkan dengan transmisi enam kecepatan dan bahkan dapat menampilkan gigi mundur opsional.

Mesin boxer yang mencolok adalah satu-satunya fitur yang sebanding antara konsep dan versi produksinya. Dari sisi visual, posisi berkendara juga lebih lurus. Desain mesin menentukan geometri pengendaraan, memaksa pengendara untuk duduk tegak di atas sadel.