Candy, City Tracker Cerah dari Swedia

LAZONE.ID - Sebuah kontras untuk sang rider yang hobi berkendara malam.

Selain buat gaya, sebagian orang memilih motor sebagai tunggangan mereka karena dinilai lebih praktis di jalanan. Well, gak salah. Kalau lo punya motor yang ramping dan bertenaga, hal tersebut bakal sangat membantu ketika terjebak kemacetan di tengah kota. Motor yang ramping bisa membelah sela-sela di antara mobil yang mengantri di jalanan.

Mungkin itu juga apa yang dipikirkan oleh Rasmus Steiner Randen, seorang pria asal Swedia ketika membangun motor bernama Candy ini. Rasmus menginginkan sebuah city bike yang bisa membantunya mengatasi kemacetan. Demi mendapatkan bentuk yang ramping serta bertenaga, dirinya memilih untuk menerapkan model street tracker pada motor yang dibangun olehnya.

Rasmus memilih sebuah Yamaha SR500 untuk proyek satu ini.


Bodywork baru tentunya dibutuhkan untuk mendapat tampilan yang lebih ramping. Jok lama Yamaha SR500, tangki bensin bawaan, serta beberapa penutup body pun dilepaskan.

Tangki bensin bawaan pabrik tadi digantikan dengan tangki yang lebih ringkas dari motor Yamaha FS1 keluaran tahun 1979. Di belakangnya terpasang sebuah jok yang juga lebih ringkas. Bagian subframe dipotong dan disesuaikan supaya Rasmus bisa memasangkan sebuah rak untuk menyimpan barang bawaannya. Fender dari bahan aluminium melengkapi tampilan tersebut di bagian depan dan belakang.


SR500 oleh Rasmus ini terlihat punya kepribadian yang cerah dari luar. Namun di dalam, motor ini punya performa yang mumpuni. Mesin dengan kapasitas 499cc ini dapat upgrade dengan cara bore up dan silindernya dilapisi oleh Nikasil. Rasmus menggunakan piston baru dari Wiseco dan saluran bahan bakar baru dari Kedo untuk aliran bahan bakar yang lebih baik dan menghasilkan tarikan mesin yang lebih kencang.

Selain itu, Rasmus menambahkan karburator Mikuni VM36 dan filter K&N untuk menunjang kenaikan performa tersebut.


Sedangkan di bagian suspensi, motor ini menggunakan forks progresif dari Wirth yang dipadukan dengan satu set shok dari YSS. Bagian rodanya menggunakan ukuran velg Excel Takasago berukuran 18 inch yang dipadukan dengan set rem milik Honda CL450.

Nah buat finishing, Rasmus menambahkan warna orange dan biru pastel yang cerah karena dirinya ingin suasana yang menyenangkan saat berkendara. Warna cerah juga bisa bikin berkendara malam hari lebih aman karena lebih mudah memantulkan cahaya dari lampu sorot kendaraan lain.