Apa yang pertama lo bayangkan ketika ngomongin Harley Davidson? Mungkin banyak yang pasti membayangkan tentang sebuah motor cruiser bongsor bermesin super besar dan suara yang menggelegar. Gak salah Bro, emang banyak dari model HD yang digemari adalah Electra Glide, atau model Panhead yang klasik.

Tapi, di tangan seseorang bernama Robert Warren, Harley Davidson diubah dengan bentuk yang mungkin jauh dari bayangan lo. Robert membangun sebuah Harley Davidson menjadi motor trail yang mungkin biasanya identik dengan pabrikan seperti KTM. Kesan “moge” pun hilang digantikan dengan tampang cerah dan sporty dari motor ini.

Ide membuat motor ini datang dari kebosanan Robert Warren yang sedang menjalani masa pemulihan pasca dirawat karena sakit yang dideritanya. Ide tersebut pun dieksekusi bersama sang anak, Jordan.

Faktor lain kenapa Robert punya ide untuk membangun motor ini adalah dirinya ingin ikut berpartisipasi dalam Malle Mille, sebuah event offroad yang ada di kawasan tempatnya tinggal. Jadi, fokus Robert dalam memodifikasi motor ini adalah untuk membuatnya lebih ringan, lebih cepat, dan tentu aja dilengkapi dengan komponen-komponen motor trail.

Oh iya, motor yang Robert gunakan dalam modifikasi ini adalah sebuah Harley Davidson Sportster 1200cc. Motor bermesin bongsor dan body yang berat.

Untuk mendukung konsep offroad yang dirancangnya, motor ini menggunakan beberapa part dari Suzuki RMZ450. H-D ini memiliki forks, hub depan dan rem belakang dari Suzuki trail yang gue sebutkan barusan. 

Kerennya lagi, hasil dari modifikasi ini bikin Sportster 1200cc yang punya body bongsor beratnya berkurang sekitar 70kg. Seperti tujuan awalnya, Robert memilih banyak bahan yang lebih ringan di berbagai part.

Sebesar apa ya tenaganya, Bro? Kadang motor trail dengan cc yang gak terlalu besar aja udah bisa menghasilkan tenaga yang lebih dari motor jenis lain.