Honda CB900 Punk Racer

LAZONE.ID - Rustom Milan bikin Honda CB900 jauh lebih brutal.

Jika kita mengingat masa lalu, abad ke-19, ketika Sid Vicious merobek jalanan London dengan baju tanpa kancing. Kita sekarang punya motor yang cocok buat pentolan Sex Pistols.

Rustom Milan menamai motor karya mereka itu dengan 'Just Another Punk'. Honda CB900 itu memang terlihat brutal.

"Saya sudah jadi mekanik selama 10 tahun. Sebelumnya saya bekerja di agen Triumph resmi sebagai mekanik dan manajer bengkel. Saya selalu memiliki gairah untuk motor antik. Saya lalu bertemu dengan Zac, dalam sebuah kontes Triumph dan kami membangun motor bernama Neverland. Setelah itu kami membuka Rustom pada September 2015," kata Mattia.

"Proyek yang kami sebut 'Just Another Punk', atau 'JAP' singkatnya, dimulai dengan Honda CB900 Bol D'or yang sudah tua atau dari tahun 1980. Kami menemukannya di Italia Utara, ditinggalkan dan berkarat, dan memutuskan untuk mengembalikannya untuk hidup. Atau, lebih tepat lagi, untuk memberinya kehidupan kedua untuk menghargai keahlian pengerjaan logam kita dan untuk menghasilkan sesuatu yang unik dan tidak pernah terlihat sebelumnya," lanjutnya.



Lantas apa maksud dari 'Just Another Punk'? "Nama itu semacam lelucon," kata Mattia.

"Sebuah lelucon yang menyiratkan bahwa ini adalah motor steampunk khas lain, tapi mudah-mudahan bukan itu sama sekali. Bagi kami, ini adalah perpaduan antara teknologi modern dan teknik bangunan tradisional, detail kuningan, mesin vintage, pertunjukan modern dan semua yang terbungkus dalam konsep kreatif pembalap café. Juga, setiap sepeda motor yang kita bangun dibuat untuk pelanggan. Kami tidak pernah membangunnya untuk diri kita sendiri," tuturnya.



Proses pembuatan motor itu dimulai dengan diskusi panjang. Ada gaya konseptual dan motor yang praktis dipakai sehari-hari untuk dua orang.

Mereka mengganti tangki khusus milik CB650. Ada banyak sentuhan kuningan termasuk pada handle, alas kaki dan penutup rocker.

"Bagian terbaik? Mungkin terdengar sedikit culun, tapi kami punya ide untuk menyelesaikan bodywork Honda dengan lapisan transparan dan kemudian melukis bagian dalam bodi dengan merah tua. Ini agak gila. Kami juga sangat bangga dengan LED yang terintegrasi ke panel samping," tukasnya.