Kebangkitan Motor Sport 500cc

LAZONE.ID - Motor dengan kapasitas mesin besar dan kecil makin populer, tapi kelas menengah semakin menipis.

Motor 500cc perlahan-lahan terus berkurang karena kapasitas mesin yang lebih besar dan lebih kecil justru semakin populer. Ada beberapa motor dengan kapasitas seperti itu tersedia dan masih diproduksi oleh Honda, Royal Enfield, dan KTM.

Sebagian orang masih bermimpi suatu hari melihat motor 500cc membuat comeback. Beberapa bahkan melangkah lebih jauh dengan membayangkan Yamaha berada di garis depan kebangkitan ini.

Desainer ace Oberdan Bezzi baru-baru ini menerbitkan salah satu kreasi terbarunya yaitu Yamaha YZF-R5. Menariknya, dia memilih Yamaha daripada Honda untuk memimpin comeback tersebut.



Kenapa Honda? Karena mereka satu-satunya pabrikan yang masih menawarkan motor sport 500cc yang mutakhir pada saat ini, CBR500R.

Bezzi menjelaskan bahwa dia yakin Yamaha tidak akan kehilangan kesempatan untuk menjadi protagonis dari kebangkitan 500cc. Dia membayangkan sebuah sepeda motor yang akan memenuhi persyaratan semua pasar di dunia, yang dia sebut sebagai World Bike.

Desin itu memperlihatkan sebuah motor modern dengan fairing yang lebih kecil memperlihatkan bagian dari mesin. Visinya untuk YZF-R5 terlihat sedikit kurang agresif daripada model yang ada. Motornya terasa atletis tetapi seperti masih bisa dipakai oleh kutu buku.

Semoga Yamaha dan pabrikan lain melihat potensi motor di kelas tersebut.