Ketika Royal Enfield Bullet 500 Jadi Scrambler Vintage

LAZONE.ID - Vintage abis

Ada dua macam builder modifikasi di dunia ini, yang mengubah tampilan motor vintage jadi futuristik, dan yang mengubah motor keluaran baru jadi punya tampilan vintage.

Well, keduanya sama kerennya Bro, mau apapun arah visi modifikator tersebut mereka selalu menghasilkan sesuatu yang bisa memanjakan mata para bike enthusiast. Mungkin Royal Enfield 500 ini jadi salah satunya. David Zima dari Ceko mengambil tantangan tersebut. David yang menjalankan bengkel modifikasi Rod Motorcycles pun mengambil satu unit Royal Enfield tersebut untuk ikut sebuah kontes modifikasi.

Pengerjaannya dimulai ketika sang kakak yang geregetan melihat motor ini belum disentuh, memotong bagian belakangnya yang punya gaya motor bobber. David gak punya pilihan selain langsung mengerjakan motor tersebut.



Maka dari itu David segera membentuk frame yang baru untuk menyambung body yang udah terpotong tersebut. Dirinya membuat sendiri slot baru yang nantinya bakal jadi tempat menempel untuk part modifikasi.

Rencananya, motor ini bakal menggunakan part dari Honda XL500 untuk front end. Namun deadline kompetisi yang cuma dua bulan membuatnya memangkas sendiri pelindung forks bawaan pabrik dan mendesain ulang bagian atasnya. Tampilan baru bagian depannya bakal mengingatkan lo pada tampilan klasik motor trail dengan papan nomor, headlight, serta satu set handlebar Tomaselli.



Buat menjaga kesan vintage, tangki bensin pada motor ini menggunakan unit dari sebuah motor Husqvarna lawas. Tangki tersebut berpadu dengan jok custom yang didesain sendiri oleh David dengan logo Royal Enfield custom di bagian belakangnya.



Sebagai sebuah motor yang belum lama rilis, mesin dari Royal Enfield Bullet 500 ini gak banyak diubah oleh David. Bedanya, pria ini mengganti karburator dengan unit keluaran dari K&N Filters. Sistem pembuangannya juga unik karena merupakan hasil desain oleh David sendiri dan dibuat menggunakan material stainless steel.



Beruntungnya, dengan deadline yang sangat ketat dan pengerjaan yang serba mendadak, David dan Rod Motorcycles memenangkan kontes tersebut. 

Motor ini cocok banget buat orang-orang yang tinggal di pinggiran kota dan senang menikmati perjalanannya di setiap saat, setuju gak Bro?