Nih 4 Tips Rawat Motor Sederhana di Rumah

LAZONE.ID - Cara agar motor tetap prima meski lama terparkir di rumah.

Selama berada #dirumahaja, terkadang motor jadi lebih sering terparkir daripada dipakai. Ada baiknya, luangkan waktu sejenak untuk motor kesayangan kalian.

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan selama motor tidak dipakai. Berikut caranya:

1. Periksa Mesin

Selama di rumah, pastikan motor kalian tetap diperiksa kondisi mesinnya. Tetap lakukan pergantian oli secara rutin.

Pastikan juga mesin selalu dipanaskan selama berada di rumah. Periksa juga kondisi accu, untuk mengeceknya gunakan avo meter.

Setelah itu, periksa semua sistem kelistrikan mulai dari lampu depan hingga sein. Jangan lupa juga lihat instrument di speedometer.

Pengapian juga wajib diperhatikan dengan memeriksa busi hingga kabelnya.

2. Periksa Bahan Bakar

Periksa tangki motor jika lama tak dipakai. Sebaiknya bahan bakar tak terdiam lama di dalam tangki. Sebab bahan bakar akan terus berkurang nilai oktannya yang membuat pembakaran jadi kurang maksimal.

Banyak yang menyepelekan hal tersebut, tapi bahan bakar begitu penting. Selain bisa mengakibatkan motor jadi brebet, bahan bakar yang sudah lama juga bisa menimbulkan kerak di tangki.



3. Periksa Bagian Rantai

Selama berada di rumah, motor wajib diperhatikan bagian rantainya. Dalam banyak kasus, rantai motor menjadi kering. Maka itu, semprotlah rantai motor secara berkala dengan chain lube.

Tak dianjurkan melumasi rantai dengan oli bekas. Karena akan mengundang kotoran yang justru akan menempel pada bagian rantai yang membuatnya semakin cepat rusak.

4. Cuci Motor Lalu Poles

Mencuci motor mungkin jadi bagian yang wajib dilakukan selama motor berada di rumah. Gunakan sabun untuk mencuci motor akan menambah kilaunya.

Setelah itu pastikan seluruh bagian motor kembali kering dengan menggunakan lap chamois. Jika ada baret-baret halus, kalian bisa menggunakan kompon, gosoklah seperlunya jangan terlalu ditekan. Sebagai pelindung cat, poles motor menggunakan Wax. Dijamin motor lo makin kinclong.