“Modern problems require modern solutions.”

Mungkin lo pernah denger atau baca pernyataan tersebut di suatu tempat. Seperti halnya dalam modifikasi, kadang untuk mendapatkan bentuk yang modern dengan cutting presisi, seorang builder bakal membutuhkan teknologi tinggi dalam prosesnya.

Adapun motor dengan tampilan retro yang hanya bisa didapatkan dengan cara modifikasi yang “manual” dan tradisional. Seperti Harley Davidson Panhead yang dibangun oleh Schmidt Motos ini, Bro.

Harley Davidson Panhead sendiri adalah salah satu motor paling ikonik di dunia. Bahkan mungkin banyak motor sejenis yang mengikuti garis desain yang diterapkan oleh Panhead ini. Captain America dan Logan bahkan pernah menggunakannya di dalam film mereka masing-masing sebagai tunggangan utama.


Bryce Schmidt, pemilik dari Schmidt Motos mengubah material dari seluruh komponen yang ada pada motor tersebut menggunakan stainless steel. Dari seluruh bagian motor yang ada, cuma mesin yang disisakan.

Dengan dasar cetakan rangka asli Panhead rilisan 1957, Schmidt mulai merancang rangka buatannya sendiri dengan material yang udah disebutkan tadi.  Springer untuk suspensi di bagian depan dan juga set handlebar berbentuk chopper yang ada terbuat dari material stainless steel.

Well, gak semua komponen di motor ini terbuat dari stainless steel, ada beberapa part yang diharuskan terbuat dari aluminium agar lebih mudah terbentuk, seperti halnya pada tangki bensin yang punya ciri khas ini.


Schmidt pun tidak meniru model bodywork dari motor sebelumnya, dirinya memilih untuk membuat mesin dan sistem pembuangan, serta komponen-komponen lainnya yang ada terlihat jelas dengan mata. 

Kerennya, modifikasi satu ini butuh waktu yang relatif singkat untuk pengerjaannya. Karena Schmidt membuatnya untuk diri sendiri, ia mampu menyelesaikan motor ini cuma dalam 900 jam.