Body Sporty Muscle Bike Yamaha

LAZONE.ID - Jadi lebih sangar nih Bro

Di antara banyak seri motor Yamaha, pasti lo semua jarang mendengar seri MT. Yamaha MT adalah seri muscle bike keluaran Yamaha dengan mesin bongsor, contohnya aja MT-01 punya kapasitas mesin sebesar 1.700 cc. 

Seri ini bisa dibilang cuma sebentar beredar di pasaran. Yamaha MT diproduksi dari tahun 2005 hingga 2013. Mungkin bisa dibilang ini adalah muscle bike paling garang yang pernah diproduksi oleh Yamaha.

Dengan mesin sebesar itu, motor ini membutuhkan rangka yang juga bongsor dengan tampilan bulky. Meski bisa dibilang muscle bike yang keren, tampilan MT-01 bawaan pabrik gak enak dipandang buat sebagian orang. 

Termasuk menurut mereka yang berada di Kalapea Garage. Studio modifikasi yang terletak di Estonia ini memberi sentuhan sporty pada sang motor bongsor.



Kaspar dari Kalapea Garage gak banyak mengganti part pada motor ini. Dirinya cuma membongkar dan sedikit mengutak-atik bagian yang menurutnya perlu. Bagian frame utama juga masih menggunakan bawaan pabrik. Begitupun dengan mesin monsternya yang gak perlu mendapatkan perubahan apapun.

Perubahan terjadi pada bagian subframe. Kaspar harus mengubahnya sedemikian rupa supaya bisa memuat jok dari motor Ducati Diavel. Jok dari Diavel ini sedikit menambahkan kesan sporty pada motor tersebut.

Masih di area yang sama, tangki bensin hampir gak mendapat perubahan apapun. Hanya saja, Kaspar menggantikan pods yang ada di samping tangki bensin dengan air scoops yang terbuat dari fiberglass. Air scoops ini berguna untuk aerodinamis saat memasuki kecepatan tinggi.



Karena MT-01 ini adalah sebuah moge, identitasnya juga diperkuat dengan bagian depan yang menggunakan part motor gede lainnya. Untuk tetap mengusung tema sporty, Kaspar menggunakan cover headlight dari Harley Davidson Sportster.

Waktu pengerjaan paling lama justru dihabiskan oleh Kaspar pada pengerjaan bagian knalpot. Sistem pembuangan yang ada pada motor ini adalah murni rancangan Kaspar sendiri untuk menggantikan knalpot bawaan yang terlihat ‘membosankan’.

Untuk finishing, Kaspar menerapkan warna hijau satin, hitam pada bagian frame dan mesin, serta warna perunggu pada roda.