Motor satu ini adalah sebuah monster. Dengan konfigurasi mesin inline 6 cylinder, serta ukuran 1050 cc membuat Honda CBX1000 punya performa yang ditakuti. Motor Honda yang pertama rilis tahun 1978 ini juga terbilang unik karena konfigurasi 6 silinder segaris pada mesinnya merupakan konfigurasi yang sangat jarang digunakan.

Membawa teknologi paling maju pada masanya, motor ini juga bisa dibilang merupakan yang paling kencang saat itu.


Mesin 1050 cc yang dibawanya mampu menyemburkan tenaga hingga 105 horse power. Angka yang biasa aja untuk kelas mesin tersebut saat ini. Tapi pada masanya, CBX1000 adalah motor dengan mesin paling sangar.

Gak cuma punya performa sangar, motor ini juga punya raungan yang sangat “merdu”.



Ketika dipacu hingga kekuatan maksimalnya, suara yang dikeluarkan motor ini bagai mesin mobil F1. Bahkan mungkin jika dibandingkan dengan bunyi mesin F1 di era hybrid, motor ini masih punya suara yang jauh lebih sangar. 

Buat pecinta otomotif, bisa jadi suara ini adalah sebuah nada yang merdu.

Dengan mesin yang besar, motor ini emang bisa dikategorikan motor yang bongsor, Bro. Berat tanpa bahan bakar saja bisa mencapai sekitar 272 kg. Ini dibuktikan dengan dimensi mesinnya yang nyaris 1 meter.

Sayangnya, motor buas ini kurang laku di pasaran saat rilis. Menyasar market Amerika, CBX1000 kalah populer dengan motor-motor lain saat itu. Alasannya CBX1000 dianggap terlalu mahal dan biaya perawatannya juga bakal bikin kantong pemiliknya tetap tipis.


Meski dulu kurang laku, sekarang motor ini jadi incaran para kolektor motor gede. Terlebih di luar sana, Honda CBX1000 dijadikan motor dasar untuk berbagai gaya modifikasi.

Gimana Bro menurut lo dengan suara raungan mesinnya?