Gak cuma buat menyalurkan hasrat dan sebagai profesi, modifikasi motor juga dikenal luas karena kompetisi yang rutin diadakan setiap tahunnya. Para peserta dan pemenang kompetisi seperti ini emang selalu menarik perhatian. Contohnya adalah Honda CBX 750F yang disulap jadi scrambler kekar ini.

Motor yang bisa lo lihat di atas adalah pemenang dari kompetisi modifikasi yang diadakan oleh MotoCultura di Brasil 2018 dan 2019 lalu. Motor tersebut memenangkan kategori “Moto Customizada do Ano” alia Custom Motorcycle Of The Year.

CBX 750F sendiri disebut-sebut sebagai cikal bakal superbike dari pabrikan asal Jepang ini. Sayangnya, banyak yang gak suka dengan tampang bawaan pabrik dari motor dengan mesin sangar ini.


Untuk mendapatkan tampilan garang namun terlihat sangat rapi seperti di atas, Grego sang pemilik motor harus mengubah banyak banger hal. Bahkan bagian sub frame, bracket lampu, knalpot, spion, panel samping, braket plat nomor, foot pegs, handlebar, fender depan dan belakang, panbel instrumen, jok, dan suspensi bagian belakang dibuat dari nol. Buat tangki bensin, Grego menggunakan produk aftermarket.

Motor ini Grego beri nama sebagai “Full Metal Beast”, nama yang cocok mengingat tampilannya yang emang sangar.

Bagian tail CBX 750F yang banyak dibenci orang pun dibentuk melengkung seperti tampilan scrambler klasik pada umumnya. Terdapat identitas garasi modifikasi milik Greg di atas joknya yang terbuat dari kulit itu.


Satu bagian yang paling menarik perhatian adalah knalpot dengan sistem 4 into 2 pada motor tersebut. Knalpot yang ada dibentuk dengan mengikuti bentuk frame yang ada di atasnya dan menjalar hingga bagian subframe serta bagian ekor. Lubang pembuangannya terdapat tepat di bawah jok motor tersebut.

Kini, ‘si buruk rupa’ berperforma tinggi tersebut bertransformasi jadi motor buas yang siap menjajal berbagai medan jalanan.