Meski mobil lo type pelibas sengaja jenis jalan atau yang gahar model penggerak 4×4 tetep aja kalau genangan airnya tinggi banget perlu trik lebih lagi.

Salah satu modifikasi yang terdapat pada mobil offroad yang kini mulai umum adalah berupa snorkel yang menempel pada kap mesin hingga pilar A, serta memperpanjang saluran lubang napas si kuda besi.

Tujuannya agar ruang bakar tetap dapat asupan udara bersih sesuai kebutuhan. Sama persis kayak orang nyelem atau diving, ya pemakaian ini buat kita bisa mengambil udara dari atas.



Ketika mesin mobil dapat tetap menghisap udara lebih ketika dalam kondisi terendam air yang cukup dalam maka laju mobil takkan terganggu.

Udara yang masuk melalui snorkel dialirkan ke filter udara dan kemudian masuk ke ruang bakar. Kini sudah banyak yang mengaplikasikan modifikasi tambahan ini.

Bagi penggemar offroad roda empat kayaknya udah wajib deh lo pake ini. Ya kecuali medan lo cuma gitu-gitu aja sih kayaknya belom perlu.