Sportster HD Jadi Motor Compact!

LAZONE.ID - Gak kelihatan kayak motor-motor Harley Davidson nih Bro

Ketika ngomongin Harley Davidson atau yang biasa disingkat HD, pasti yang terbayang adalah sebuah moge dengan ukuran body yang gak kalah besar. Bahkan ‘motor kecil’ Harley Davidson yang rencananya bakal rilis buat pasar India, HD-338 bermesin 300cc punya body yang kelihatan bulky.

Tapi di sini, RoastWorthy Cycles berhasil membuat sebuah tracker yang super compact menggunakan Harley Davidson XLT 1000 rilisan 1977 sebagai dasarnya.

Motor tersebut adalah versi touring dari Ironhead Sportster yang emang punya bentuk sporty dan lebih compact dari HD biasanya. Awalnya, mereka ingin membuat sebuah chopper, namun jalanan kota pinggiran yang gak mulus membuat bengkel modifikasi di Ohio, Amerika Serikat ini memutuskan untuk membuat sebuah tracker.


Bodywork bawaan tentu sudah dilucuti semua untuk memberi ruang pada part-part baru. Sisa-sisa pengerjaan chopper yang akhirnya diubah jadi tracker ini terlihat di beberapa bagian.

Tangki bensin yang digunakan pada motor ini adalah sebuah tangki Frisco dengan kapasitas sekitar 9 liter yang biasa digunakan pada motor-motor bergaya chopper. Ada juga di bagian belakang mereka menggunakan fender yang dipangkas dari LowBrow customs.

Ada yang unik di bagian kemudi motor ini, soalnya mereka menggunakan handlebar yang berukuran sebesar handlebar sepeda BMX. RoastWorthy mendesain langsung handlebar tersebut dan memberikan motor tracker ini sedikit sensasi chopper dengan posisi riding yang gak biasa.


Sensasi low-riding ala chopper masih bisa dirasakan dan terlihat dari bentuk joknya yang melengkung. Mereka juga membiarkan beberapa bagian terbuka seperti di bawah tangki bensin untuk memberikan kesan yang lebih compact lagi sebagai sebuah motor tracker.