Tracker Raw Look Yamaha Upgrade Performa

LAZONE.ID - Makin bertenaga dengan mesin lebih besar

Pete Chase, seorang builder asal Amerika memiliki sebuah bengkel bernama Cafe Cycles. Awalnya bengkel modifikasi ini adalah sebuah tempat produksi jok dan berbagai part modifikasi berbahan aluminium. Namun seiring waktu Cafe Cycles akhirnya berkembang jadi sebuah bengkel modifikasi yang sering merombak motor-motor vintage dan juga mobil sport.

Salah satu karya bengkel tersebut yang menarik perhatian adalah sebuah Yamaha SX650 dengan gaya tracker dengan body aluminium dan sedikit unsur tampilan raw look. Pete Chase menggunakan spesialisasi bengkelnya dalam membangun motor satu ini.

Seperti banyak cerita builder dengan proyek yang menarik perhatian, Pete menerima motor ini dalam keadaan tidak lengkap. Sebuah Yamaha XS650 datang ke bengkelnya dengan keadaan sudah terpasang ekor tracker namun tidak punya tangki bensin.


Permintaan pertama yang datang pada Pete untuk motor tersebut adalah untuk memasangkan tangki Suzuki RM125. Tangki RM125 yang punya ukuran lebih kecil dari proporsi motor XS650 bikin Pete harus melakukan beberapa penyesuaian. Setelah merombak tangkinya dengan bahan aluminium, dirinya membuat ekor tracker dan jok yang lebih proporsional dengan tangki mungil tersebut.

Untuk menyesuaikan tangki bensinnya yang terlihat mengkilap dengan material aluminium, Pete tentunya membuat banyak part lain dari bahan yang sama.

Setelah membuat berbagai part dengan bahan aluminium, dirinya langsung mengerjakan bagian mesin untuk meningkatkan performa motor satu ini. Motor trail yang sebelumnya punya kapasitas 650cc ini dapat upgrade jadi 750cc. Bikin motor yang udah mulai kelihatan lebih ramping ini jadi lebih ngacir ketika dipacu jalanan.


Sebagai tambahan, Pete memasangkan knalpot Delkevic dengan muffler karbon milik Ducati 750. Buat finishing, dirinya cuma memoles berbagai bagian motor ini untuk menguatkan kesan material aluminium yang melekat di berbagai tempat.