Yamaha MT-01 Scrambler Futuristik

LAZONE.ID - Jadi lebih compact!

Gak terlalu banyak Yamaha MT-01 yang beredar di jalanan. Muscle bike modern satu ini dirilis oleh pabrikan motor asal Jepang tersebut di kisaran waktu tahun 2005-2012. Namun karena produksinya yang udah dihentikan, kini motor tersebut jadi salah satu incaran kolektor dan juga para modifikator yang ingin membuat sebuah modifikasi moge.

Gak heran sih kalau MT-01 ini jadi incaran, mesin v-twin 1.670 cc-nya tentu merupakan sebuah hal yang luar biasa. Akselerasi yang mantap dengan perpindahan gear mulus di setiap kecepatannya bikin motor ini banyak diincar oleh para enthusiast. 

Thanh Ho Ngo Shenfu and Michael Siebenhofer dari Titan Motorcycle, Austria adalah salah satu yang mengincar monster jalanan satu ini. Mereka mengubah muscle bike tersebut jadi scrambler semi-street fighter dengan konsep yang futuristik.


Banyak pemangkasan yang terjadi pada motor ini, terutama di bagian body MT-01 yang bongsor.

Mereka pun mempreteli body tersebut dan mengubah bagian subframe untuk mendapatkan bagian belakang yang lebih compact. Frame utama motor ini dipertahankan untuk menjaga bentuk dan postur motor MT-01 yang khas.

Bagian tail MT-01 yang bongsor pun digantikan dengan bentuk yang lebih ringkas dan tanpa fender.

Untuk membentuk bagian belakang yang sedemikian rupa dengan material yang sangat kuat, Titan Motorcycle bahkan harus menggunakan sebuah hydraulic press bertekanan 75 ton.


Ada sedikit tantangan dalam membuat bagian pembuangan karena mereka harus membuat motor ini kelihatan sesangar mungkin tapi juga harus mematuhi peraturan di Austria tentang kebisingan kendaraan. 

Selain itu, untuk mendapatkan manuver yang sempurna di jalanan maupun off-road, mereka pun memangkas beratnya seringan mungkin. Pengurangan ukuran di bagian belakang adalah salah satu yang sangat membantu untuk hal tersebut.

Hasil akhirnya adalah sebuah scrambler yang punya tampilan mirip street fighter dengan aksen futuristik yang garang, siap melibas jalanan