Yamaha MT-07 Bersasis Perimeter

LAZONE.ID - Ubahan besar dilakukan demi sasis berbalut aluminium.

Ada banyak cara untuk memvisualisasikan motor sebelum benar-benar meletakkan logam di bagian body. Beberapa builder mulai dengan pensil dan kertas, sementara yang lain menggunakan Photoshop atau membuat render 3D.

Tapi bagaimana dengan membuat model skala 1/10 dari stainless steel?

Kedengarannya gila, tapi begitulah Jake Drummond mengonsep Yamaha Yamaha MT-07 yang dijuluki 'The Omen.' Jake yang baru berusia dua puluh lima tahun, dan tinggal di Oshkosh, Wisconsin, menghabiskan seluruh hidupnya berputar di desain dan teknik.

Ayahnya adalah seorang pilot yang terobsesi dengan motor yang juga membangun kembali pesawat terbang. Jake menghabiskan waktu berjam-jam membantu di hanggar sebagai seorang anak. Dia memodifikasi motor pertamanya pada usia tujuh belas tahun, setelah mendapat pekerjaan di pabrik pesawat, cabut dari sekolah, dan akhirnya belajar teknik mesin.

"Saya tidak pernah menjadi murid yang baik dan menghabiskan sebagian besar waktu menggambar motor," katanya.



Dari lamunan ini, Jake mulai mengembangkan sebuah ide: desain bingkai perimeter, dengan satu garis dari kepala kemudi hingga ke belakang. Pertimbangan lain termasuk ergonomis pengendara yang fungsional.

“Hanya ada satu opsi yang benar-benar menarik perhatian saya dan itu adalah Yamaha MT-07. Ringan dan cukup kecil untuk membuat bingkai," tuturnya.

Sebelum membeli motor basic, Jake memutuskan untuk membuat prototipe idenya. Dan saat itulah dia mulai membentuk model dari baja stainless.

"Itu bukan cara termudah untuk membuat prototipe, tapi ternyata benar-benar keren dan saya menikmati prosesnya," kisah Jake.



Yamaha 689 cc sekarang berada dalam bingkai perimeter aluminium, yang mengalir turun ke lengan ayun aluminium. Ada juga subframe stainless steel yang mendukung bagian ekor.

Jake menggunakan suspensi belakang OEM, tetapi memodifikasi dengan lengan ayunnya. Garpu depan diangkat dari Yamaha R6. Motornya juga cukup tinggi sekarang, berkat satu set roda 21F / 18R Morris dari Roland Sands Design.

Motor itu sedikit terinspirasi motorcross juga, dengan pasak dan kontrol kaki bergaya MX, setang ProTaper, dan lipatan seperti gripper pada cover jok kulit burgundy.