Tahun 2019 sepertinya akan menjadi tahun ponsel lipat nih, Bro. Mulai dari Samsung sampai Motorola, akan mengeluarkan ponsel dengan teknologi terbaru ini.

Jika lo suka dan emang udah nungguin kehadiran ponsel pintar ini, mendingan lo nabung dari sekarang, Bro. Karena, ini dia beberapa produsen smartphone yang akan mengeluarkan ponsel ini di tahun 2019.

1. SAMSUNG GALAXY X

Beberapa minggu setelah acara CES 2019 berakhir, secara tidak sengaja Samsung Vietnam memposting sebuah video yang tampak seperti Galaxy X di saluran Youtube-nya. Sayangnya, tak beberapa lama, video ini langsung di take down.

Sejauh ini, yang diketahui adalah Samsung akan menamakan layarnya sebagai Infinity Flex Display dan baru akan resmi diluncurkan pada 20 Februari 2019. Adapun harga yang diperkirakan untuk smartphone yang satu ini adalah $1.400 atau setara Rp19.600.000.

 

2. MOTOROLA RAZR 2019

Tahun 2019 ini, Motorola akan meluncurkan Motorola Razr yang dapat dilipat dengan layar penuh. Pada Februari 2017, Yang Yuanqing, CEO Lenovo mengatakan bahwa dengan teknologi baru, ia berharap semakin banyak inovasi pada desain Motorola.

Sejak saat itu, ia mengajukan paten untuk ponsel lipat layar dua untuk ukuran tablet layar 7 inci. Sayangnya, belum ada kabar resmi kapan akan resmi di rilis dan berapa harga ponsel ini.

 

3. LG BENDI

Dalam beberapa bulan terakhir LG telah mengkonfirmasi bahwa ponsel ini berfungsi pada ponsel yang dapat dilipat, tanpa mengungkapkan terlalu banyak detail lainnya. Bahkan pada bulan Januari LG telah mengajukan paten ponsel dengan layar fleksibel yang dapat dilipat dua.

Sejak pengajuan paten asli tersebut, LG sibuk memilih nama yang cocok untuk diberikan pada ponsel pintarnya yang satu ini. Adapun nama-nama seperti Flex, Foldi dan Duplex yang disebutkan dalam dokumen internal LG.

4. XIAOMI MIX FLEX

Salah satu ponsel lipat yang akan hadir di tahun 2019 adalah Xiaomi MIX Flex, sebuah perangkat prototipe yang telah dipamerkan oleh presiden perusahaan dan salah satu pendiri Xiaomi, yaitu Lin Bin.

Dalam video mengungkapkan handset Xiaomi awalnya ditampilkan dalam mode tablet, tetapi kemudian kedua sisi perangkat dilipat ke dalam pada dua titik, hanya menyisakan sepertiga tengah ponsel yang ditampilkan. Saat ini Xiaomi masih memikirkan untuk memilih nama ponsel ini, antara Xiaomi Dual Flex atau Xiaomi MIX Flex.

 

5. HUAWEI MATE 5G

Pada Oktober lalu, CEO Huawei, Richard Yu, mengkonfirmasi bahwa Huawei sudah memiliki prototipe yang berfungsi untuk smartphone yang fleksibel, dan direncanakan akan rilis pada Maret 2019.

Kalo disuruh milih, lo bakal milih yang mana, Bro?