Banyak dari kita yang mungkin ingin belajar main alat musik tapi bingung mau mulai dari mana. Kalau memang niat otodidak, salah satu alternatifnya adalah belajar dengan device unik dari Roli ini.

Roli adalah perusahaan startup yang bergerak di hardware musik. Menciptakan device bernama Lumi. Keyboard kecil dengan 24 tuts yang bisa loe gunakan untuk belajar main piano dari nol.

Seperti halnya main Guitar Hero, Lumi menyediakan aplikasi yang akan menampilkan warna-warna tuts yang harus ditekan sesuai dengan perpustakaan lagu yang tersedia. Uniknya, level belajarnya pun akan semakin meningkat seiring waktu.

Di tahap awal lo akan diajarkan main dengan mengikuti cahaya sesuai tuts yang muncul di aplikasi. Di level berikutnya, loe akan diberikan not-nya saja dengan tampilan dari kiri ke kanan, lalu naik level lagi loe hanya akan diberikan kunci nadanya, lalu berikutnya ke not balok.



Dikutip dari The Verge, perpustakaan musik untuk belajar di aplikasi ini sudah cukup mumpuni. Tak hanya menyediakan lagu-lagu dari ranah jazz, tetapi juga lagu-lagu populer seperti Ed Sheeran d­an Bruno Mars.

Lumi 24-key ini bisa dipesan di Kickstarter dengan harga USD 249. Pengiriman akan dilakukan mulai Oktober mendatang. Ini buat loe yang memang mau belajar banget nih!