Teknoup.com --- Setelah gagal dalam proyek Google TV, perusahaan dari Mountain View California tersebut ternyata sedang menyiapkan penggantinya yang disebut Android TV. Informasi ini diperoleh The Verge dari beberapa dokumen dan menyebutkan bahwa berbagai provider video utama saat ini sedang membuat aplikasi untuk Android TV tersebut.

Meskipun sama-sama memakai Android, Google TV dan Android TV tidaklah sama. Android TV tidak lagi berupaya untuk mengubah televisi menjadi sebuah smartphone namun lebih sebagai antarmuka untuk hiburan, bukan platform komputasi. Semuanya lebih kepada menemukan dan menikmati konten tanpa gangguan yang menyenangkan, mulus, dan cepat. Secara umum nantinya Android TV lebih akan terlihat dan terasa seperti Apple TV, Amazon Fire TV, atau Roku.

Google telah meminta para developer untuk membangun sebuah aplikasi televisi yang sangat simpel. Tampilan dari perangkat Android TV hanya akan berisi papan-papan berisi judul film, aplikasi, dan game yang ditata berjajar dalam sebuah rak. Melalui sebuah pengendali jarak jauh yang memiliki papan pengarah empat sumbu, pengguna bisa memilih judul film yang disukai memakai pengarah kiri-kanan, sementara pengarah atas-bawah digunakan untuk mengganti kategori yang diinginkan. Kontroler tersebut juga memiliki tombol Enter, Home, dan Back untuk navigasi. Selain itu disebutkan juga adanya kontroler game opsional. Android TV juga mendukung masukan dan notifikasi suara meskipun diusahakan untuk seminimal mungkin penggunaannya.

Fitur pencarian akan menjadi alat utama di Android TV. Pengguna didesain hanya perlu maksimal tiga langkah pengoperasian sebelum menikmati konten yang diinginkan. Google juga akan secara proaktif memberikan rekomendasi konten yang cocok termasuk opsi meneruskan menonton konten di TV sesuai apa yang sedang ditonton di smartphone atau tablet Android pengguna.

android tv

Beberapa developer yang sedang didekati Google di antaranya adalah Play Movies, Youtube, Hangout (dari internal Google), ditambah dari Vevo, Netflix, Hulu, Pandora, dan pengembang game. Google menulis bahwa Android TV adalah Android yang dioptimasi untuk konsumsi di runag keluarga tanpa embel-embel yang kompleks. Berbagai fitur non-esensial dihapuskan seperti fungsi telefoni, kamera, dukungan layar sentuh, serta NFC. Dengan demikian pengembang akan berfokus pada konten yang dimilikinya.

Pihak Google sendiri enggan berkomentar atas temuan dokumen oleh The Verge ini. Sampai saat ini juga belum diketahui kapan rencana rilis Android TV ini akan dilakukan.