Teknoup.com --- Apple Inc., perusahaan teknologi asal AS pembuat perangkat iPhone, iPad, Mac, dan sebagainya diketahui sudah memiliki kantor di Indonesia. Melalui halaman kontak di situs resminya, perusahaan bernama PT Apple Indonesia ini berkantor di wilayah Sudirman, Jakarta Pusat.

Dilaporkan situs MakeMac, ketika dikonfirmasi melalui telepon, alamat yang tercantum dipastikan adalah kantor resmi perwakilan Apple untuk Indonesia. Namun begitu, hingga saat ini Apple memang belum meresmikan kantor tersebut atau bahkan membuka toko Apple Store pertamanya di Tanah Air.

Aroma masuknya Apple ke Indonesia sejatinya sudah terendus sejak bulan April lalu. Kala itu Apple membuka sejumlah lowongan pekerjaan untuk lokasi di Jakarta. Apple memposting lowongan tersebut melalui situs resmi dan jejaring sosial profesional LinkedIn.

Masuknya Apple ke Indonesia ditanggapi beragam pengguna. Sebagai pengguna, tentu yang paling utama ditanyakan adalah berapa harga jual produknya nanti jika sudah mendirikan perusahaan di Indonesia. Ada yang beranggapan harga produk-produknya akan lebih murah jika dijual langsung Apple melalui layanan Apple Store. Selain itu, klaim garansi internasional Apple tentunya juga akan berlaku nantinya.

Namun yang jelas, keseriusan Apple menggarap pasar Indonesia akan membawa persaingan baru di industri perangkat mobile Tanah Air. Mungkinkah Apple juga akan membuat perangkat yang dikhususkan untuk negara berkembang, seperti yang dilakukan BlackBerry?