Teknoup.com --- Beberapa saat yang lalu Apple dan Motorola Mobility (yang saat ini masih dalam proses pembelian oleh Lenovo) telah mengumumkan kesepakatan untuk mengakhiri kasus gugatan paten antara keduanya. Momen ini menjadi penutup dari sebuah gugatan besar dalam teknologi smartphone selain kasus antara Samsung dan Apple.

Kedua pihak menyatakan bahwa kesepakatan di antara keduanya tidak memasukkan klausul tukar lisensi atas paten-paten yang dimiliki keduanya. Selain itu disebutkan juga bahwa Apple dan Google telah setuju untuk bekerja bersama di beberapa bidang dalam reformasi paten.

Kedua perusahaan juga telah menyampaikan informasi kepada pengadilan federal di Washington mengenai pembatalan kasus ini. Namun demikian pembatalan ini tak berlaku untuk kasus antara Samsung dan Apple yang saat ini masih berlangsung.

Apple sebelum ini menuduh ponsel Android buatan Google telah meniru iPhone. Sementara itu Motorola sebelum diakuisisi Google telah menuduh Apple melanggar beberapa paten termasuk paten kunci yang menerangkan bagaimana ponsel beroperasi di jaringan 3G.

Google membeli Motorola Mobility di tahun 2012 seharga 12,5 miliar dolar. Saat ini Google sedang dalam proses menjual unit bisnis handset Motorola Mobility ke Lenovo.