Teknoup.com --- Menurut sebuah laporan Kamis lalu, di Amerika Serikat Apple telah menerima paten untuk sebuah layar fleksibel. Paten ini mengkover beberapa bentuk seperti silinder berongga, tabung hampa oval, segitiga, atau bentuk persegi panjang, atau bentuk berongga lainnya. Struktur layar dengan penutup berongga ini dapat dibuat dari safir dengan dua tutup menutupi tiap ujungnya. Safir adalah permukaan yang tahan gores, yang sudah digunakan Apple untuk fitur TouchID pada iPhone 5S.

Layar ini bisa menyelimuti bodi ponsel, seperti yang patennya sudah didaftarkan Samsung dan Apple sendiri. Paten Samsung sendiri meliputi layar yang bisa menampilkan tombol virtual dan kontrol pada sisi-sisi ponsel. Apple sendiri sudah mempatenkan layar AMOLED yang menyelimuti bodi ponsel, delapan bulan sebelum Samsung.

Menurut paten Apple, satu atau lebih sensor dapat memonitor rotasi layar, sementara informasi pada layar dipertahankan pada posisi yang sama, atau ikut berotasi bersama layar. Paten ini sendiri menjelaskan bagaimana safir untuk kover layar bisa diciptakan dengan menarik biji kristal safir dari material yang dicairkan. Layar ini akan bisa digunakan untuk game.

Tahun depan Apple sendiri dirumorkan akan memperkenalkan iPhone berlayar besar yang melengkung dari ujung atas ke bawah, seperti LG G Flex. Samsung sebagai pesaing utama Apple sudah terlebih dulu meluncurkan Galaxy Round, meski ponsel ini melengkung dari ujung samping.

apple-131220b