Apple Watch Bisa Bantu Penggunanya Pantau COVID-19?

LAZONE.ID - Ada sebuah aplikasi yang bisa bantu penggunanya lebih waspada

Smartwatch jadi salah satu gadget yang diandalkan dan gak bisa lepas dari sebagian orang saat ini. Soalnya sebuah smartwatch memberikan kemudahan kepada penggunanya dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Menerima pesan, telepon, notifikasi media sosial, dan berbagai hal lain bisa dilakukan jika smartwatch terhubung dengan smartphone yang ada.

Untuk urusan ini, Apple jadi brand yang terdepan. Bahkan penjualannya tahun lalu jauh melampaui angka penjualan dari beberapa brand besar jam tangan analog.

Sebagai brand terdepan, Apple punya banyak fungsi yang menunjang kegiatan sehari-hari, termasuk dalam hal kesehatan. Dan belum lama ini salah satu aplikasi khusus Apple Watch melakukan sebuah update untuk membantu pengguna lebih waspada terhadap COVID-19.



Aplikasi tersebut adalah Cardiogram, aplikasi yang membantu pengguna Apple Watch untuk memantau aktivitas jantung mereka. Apple ternyata memperbarui fitur yang ada dalam Cardiogram untuk mendeteksi bagaimana reaksi tubuh manusia terhadap flu hingga COVID-19.

Fitur baru dari Cardiogram ini diberi nama Sleep BPM. Kabarnya fitur ini akan memberikan notifikasi terkait reaksi tubuh melawan virus yang sedang menyerang. 

“Fitur baru Sleeping BPM di dalam Cardiogram ini dapat membantu pengguna lebih sadar mengenai tubuh mereka dalam menanggapi gejala flu atau penyakit lain termasuk COVID-19 yang sedang menjadi perhatian dunia,” tutur pendiri aplikasi Cardiogram, Johnson Hsieh kepada media Apple Insider.

Ketika sakit, sistem imun di dalam tubuh bakal mengeluarkan protein kecil bernama histamin yang menyebabkan perluasan sel darah. Nah proses ini mengirim sinyal ke otak untuk meningkatkan denyut jantung supaya jumlah darah yang dikirim ke area tersebut lebih banyak.

Karena hal inilah denyut jantung bakal tidak beraturan saat tidur dan tugas fitur Sleep BPM dari Cardiogram untuk mendeteksi hal tersebut. Syaratnya tentu pengguna Apple Watch harus memakai smartwatch mereka saat tidur.

Emang Bro, Cardiogram bukan alat untuk mendeteksi apakah ada virus COVID-19 di dalam tubuh lo atau enggak, tapi fitur Sleep BPM yang rilis bersama update terbarunya dapat membantu lo lebih waspada dengan tanda yang terasa dan reaksi tubuh terhadap infeksi yang sedang terjadi di dalam.

Oh iya Bro, yang terpenting selalu jaga kesehatan dan kebersihan lo. Sebisa mungkin tetap diam di rumah supaya penyebaran COVID-19 ini cepat berlalu. Stay safe, Bro!