Fossil sudah mengumumkan generasi kelima dari jam tangan Wear OS-nya. Mereka memberi nama jam tangan ini Gen 5. Beberapa hal di-upgrade di sini salah satunya kini bisa menjawab panggilan telepon buat para pengguna iOS.

Ini adalah jam tangan pintar Fossil berbasis Wear OS pertama yang bisa menjawab panggilan dari iPhone. Sebelumnya fitur ini sudah tersedia buat para pengguna Android dan kini menyusul untuk para iPhone users.

Lewat fitur ini Fossil memberi keleluasaan buat penggunanya untuk bicara dan mendengar panggilan lewat arloji Gen 5. Semuanya tengah dipersiapkan lewat update OTA yang rencananya akan meluncur musim gugur ini.

Selain itu, Fossil juga fokus ke sisi baterai jam tangannya yang kini dibuat lebih awet. Model baru ini diklaim bisa bertahan selama beberapa hari dalam satu kali cas saja.

Ada juga fitur Extended Battery Mode yang mengurangi kinerja beberapa fitur namun tetap mengaktifkan notifikasi dan monitor detak jantung. Sementara Time-Only Mode bisa digunakan untuk menampilkan waktu saja kalau memang butuh menyimpan baterai untuk waktu lama.

Fossil Gen 5 ditenagai chipset dari Qualcomm yakni Snapdragon 3100 yang memang punya kelebihan soal daya tahan baterai dan performa umum di wearable devices. Layar AMOLED 1.28 inch dengan kerapatan 328ppi, case berukuran 44mm dengan ketebalan 12mm, dan didukung oleh RAM 1GB dan storage 8GB.