Beberapa tahun terakhir iPhone punya varian lain di ponselnya yang diberi tambahan huruf S di belakangnya. Seperti iPhone 3GS misalnya. Arti huruf S ini pada awalnya adalah 'Speed'. Meski akhirnya arti tersebut berubah seiring dengan pergantian tahun dan versi iPhone yang lebih baru.

Lalu gimana dengan iPhone XR? Apa arti huruf R di belakang nama iphone terbaru yang dirilis Apple pada bulan September lalu itu? Hal ini dijelaskan oleh Phill Schiller, Chief Marketing Apple.

Menurutnya, huruf R di iPhone XR terinspirasi dari kode-kode yang kerap menempel di belakang nama sebuah sports car. Huruf R berarti mobil tersebut memberi perhatian khusus pada kecepatan dan performanya.

Huruf R di iPhone XR bagi Phill adalah sesuatu yang personal. Mengingat dia menyukai mobil langka dan juga mobil sports. Namun secara umum, huruf yang ada di belakang nama iPhone sebenarnya tidak mewakili sesuatu yang spesifik.

Di versi 3GS dulu S berarti Speed. Tapi ketika merilis iPhone 4S, S berubah jadi Siri. Sekarang huruf S ini pun seolah tak berarti apapun.

iPhone XR dibanderol USD 750 atau sekitar Rp 11,3 jutaan. Mulai dijual Oktober ini di beberapa negara.