Teknoup.com --- Start Menu, fitur/tombol ikonik pada sistem operasi Windows memang absen di Windows 8. Absennya tombol tersebut ditanggapi beragam pengguna, namun tak sedikit yang merasa kehilangan. Hal ini memaksa Microsoft untuk menghadirkannya Start Menu kembali di update Windows selanjutnya yang bernama Windows 9 "Threshold".

Baru-baru ini, sebuah bocoran screenshot yang beredar di forum My Digital Life memperlihatkan bagaimana desain tombol Start Menu yang dimaksudkan itu. Belum dikonfirmasi secara resmi apakah gambar tersebut asli atau rekayasa, namun tampilannya mirip dengan yang diperlihatkan Microsoft pada konfrensi BUILD 2014 bulan April lalu.

Sedikit membahas tampilannya, Start Menu itu memiliki desain gabungan dengan antarmuka Metro UI ala Windows 8. Ya, pada bagian kiri terdapat daftar aplikasi layaknya pada Windows 7, sementara di sebelahnya nampak sebagian halaman Start Windows 8.

start windows 9

Dikutip dari Neowin, meski pada bagian pojok kanan layar tertulis 'Windows 8.1 Pro', tombol Start Menu ini akan hadir pada Windows 9. Dikatakan bahwa sumber dalam Microsoft memang masih menggunakan brand tersebut untuk bahan pengembangannya. Sedangkan untuk finalnya nanti akan tersedia umum di Windows 9.