Bixby adalah asisten pribadi dalam device flagship Samsung yang mulai diperkenalkan di Samsung Galaxy S8 tahun lalu. Setelah itu, Bixby mulai melekat di jajaran smartphone Samsung berikutnya seperti Note 8, S9, dan Note 9 tentu saja. Sama seperti Siri dan Google Assistant, Bixby sebenarnya berguna. Namun terkadang memang bisa jadi mengganggu.

Masing-masing flagship Samsung sejak S8 hingga Note 9 punya tombol khusus yang didedikasikan untuk Bixby. Tombol ini tidak bisa dialihfungsikan untuk yang lain. Namun di perangkat-perangkat lama, fungsi tombol ini bisa dinonaktifkan. Nah, pengguna Note 9 pun kini bisa bernapas lega.

Karena sebelumnya Samsung menyebutkan bahwa Bixby di Note 9 tidak akan bisa dinonatifkan seperti device yang sebelumnya. Namun Samsung kini sudah menyiapkan update software yang akan bisa mematikan layanan Bixby secara total yang akan dirilis akhir bulan September nanti.

Bocoran mengenai update untuk menonaktifkan Bixby secara total ini keluar dari akun resmi Samsung Jerman yang menjawab keluhan dari seorang pengguna Note 9. "Penonaktifan tombol Bixby di lock screen akan dirilis akhir September," tulis admin akun tersebut.

Tombol Bixby di Note 9 memang banyak dikeluhkan oleh pengguna Samsung. Karena tombol ini sangat sensitif dan sering salah ditekan karena letaknya di bawah tombol volume. Bixby juga sering aktif sendiri saat tidak dibutuhkan. Makanya nanti akan ada mode penonaktifan penuh untuk tombol Bixby.

The Verge di sisi lain mengungkapkan bahwa saat ini kemampuan Bixby belum bisa disetarakan dengan Google Assistant. Bixby masih bisa menerima perintah dari orang yang bukan user atau pemilik ponsel tersebut.