Talkmen.com --- Is Cortana better than Siri and Google Now?

Kehadiran Cortana banyak meraih respon positif.

Lengkap sudah peta persaingan antara Android, iOS dan Windows. Jika iPhone selama ini dikenal memiliki Siri, kemudian Android hadir dengan Google Now, kini giliran Windows yang menunjukkan kepintaran seorang asisten pribadi bernama Cortana. Banyak yang menilai bahwa Cortana adalah versi penggabungan dari fitur-fitur terbaik yang dimiliki Siri dan Google Now, apakah ini berarti Windows selangkah lebih maju dari kedua pesaingnya?

Nama Cortana diambil dari karakter dalam video game "Halo", yang merupakan rilisan Microsoft. Cortana hadir bersama Windows Phone 8.1, yang merupakan OS terbaru untuk smartphone berbasis Windows. Cortana tidak hanya mempelajari tentang smartphone Anda, namun juga profil pribadi Anda melalui profil Facebook dan hasil search di Bing (okay, I know). Cortana akan mengerti selera Anda dan hal-hal yang Anda sukai, karena itu Cortana akan terasa lebih manusiawi dibanding Siri atau Google Now. Selain itu, keunggulan yang dimiliki Cortana adalah dengan adanya fitur seperti blocking call, text dan notification di waktu-waktu yang Anda inginkan. Hal ini tentu cukup berguna, sehingga Cortana bisa memberi reminder apakah Anda ingin menelpon seseorang dalam tiga menit atau lima menit kemudian setelah melakukan blocking. Dalam Siri dan Google Now, fitur ini disajikan terpisah.

Cortana akan hadir bersama update Windows 8.1 sekitar bulan depan dalam versi beta, maka ada kemungkinan beberapa kesalahan kecil akan terjadi. Namun melihat banyaknya respon positif, Cortana bisa menjadi andalan baru Windows ditengah kerasnya persaingan smartphone.