Walaupun tidak bisa melihat, banyak orang yang mencintai Andrew Airey. Sampai ia akhirnya dapat menikah dengan wanita yang ia cintainya 15 tahun lalu. Bahkan, saat ini dia sudah dikaruniai tiga orang anak.

Airey tidak bisa melihat karena menderita penyakit Stargardt, sebuah bentuk degredasi makula dan penglihatan yang telah di deritanya selama 20 tahun terakhir. Kondisi mata Airey pun kian memburuk sampai akhirnya ia tidak dapat melihat sama sekali. Tapi, sang istri, Kelli, enggak sedikutpun berpikiran untuk meninggalkannya.

Beberapa bulan lalu, Airey mendapatkan hadiah dari sebuah perusahaan kacamata pintar bernama eSight. Untuk bisa melihat kembali istri dan anak tercintanya, eSigh memberikan kacamata pintar keluaran terbarunya ke Airey.

eSight adalah perangkat kacamata yang menggabungkan antara kamera, teknologi layar, dan komputasi canggih yang mampu memberikan rekaman secara real-time bagi para penyandang kebutaan. Kacamata itu dapat meningkatkan kemampuan melihat penggunanya yang memiliki low vision.

Cara kerjanya kacamata merekam video kualitas HD sesuai kemampuan melihat pengguna, kemudian video yang terekam dikirim ke controller. Controller kemudian mengoptimalkan video sesuai setelan pengguna dan menyesuaikan kondisi mata. Beberapa setelan yang bisa dilakukan antara lain pembesaran, kontras, kecerahan, dan warna sesuai kondisi mata dan situasi. Video dikirim balik ke kacamata dan tampil di layar LED secara real-time. Jadi, obyek yang dilihat oleh pengguna sebenarnya adalah video yang tampil secara real-time.

Beberapa jenis kebutaan yang bisa terbantu oleh kacamata ini adalah degenerasi makular, diabetes retinapati, stargardt, albinisme okular, Herediter Optic Neuropathy, Cone-Rod Dystrophy, beberapa jenis glaukoma, dan beberapa jenis low vision yang lain.

Saat mencoba kacamata ini pas pertama kalinya, Airey nangis bro dan berkata berkali-kali "aku melihat wajahmu," kepada sang istri dan anak-anaknya.

Nah, agar kebahagianya makin lengkap, Airey dan Kelli mengulang kembali nih pernikahan mereka. Soalnya dia penasaran dengan wajah sang istri saat mengenakan balutan gaun pengantin. Acara ini pun berjalan sangat mengharukan. Airey dan Kelli tak henti-henti menyeka air mata sepanjang acara.

Lengkapnya tentang cara kerja eSight, cek dibawah bro.

Embed :