Instagram semakin menyempurnakan fitur DM alias Direct Message atau singkatnya Direct. Setelah bisa mengirim GIF, kini fitur voice note pun ditambahkan. Persis seperti fitur yang sudah lama ada di WhatsApp atau pun aplikasi chat lain seperti LINE.

Karena konsepnya seperti Walkie-Talkie, Instagram pun memberi nama tersebut buat fitur barunya ini. Loe yang malas mengetik dan ingin membalas pesan dengan menggunakan suara hanya tinggal menekan dan tahan satu tombol berbentuk mikrofon lalu bicara.

Nantinya akan muncul visualisasi gelombang suara berwarna biru. Dan akan berubah hitam setelah terkirim. Kalau loe mendapat pesan suara dari teman, akan ada tulisan kecil di bawah pesan suara teman yang berbunyi "Raise your ear to record a reply".

Munculnya ikon mikrofon di bagian kanan tempat menulis pesan di Direct membuat ikon-ikon lain tergeser. Kini ikon untuk mengirim GIF dan memberi 'Hati' pada pesan yang dikirim teman disatukan ke dalam menu kolektif yang ditandai dengan tanda + di sebelah kanan.

DM Instagram Bisa Kirim Voice Note

Durasi rekaman voice note di Instagram ini hanya satu menit saja. Sama seperti WhatsApp, jika loe memilih untuk batal mengirim rekaman suaranya, loe cukup menyapu jari yang menekan tombol mikrofon ke kiri ke logo tempat sampah.

Audio yang terkirim lewat Direct akan tersimpan dan bisa terus diputar dari waktu ke waktu. Berbeda dengan video yang punya banyak pilihan apakah akan tetap ada di chat atau terhapus setelah disaksikan penerima.

Menurut loe, penting nggak nih Instagram merilis fitur ini?