Facebook tampaknya makin getol dengan misi-misi sosialnya. Setelah uji coba safety check dan filter warna bendera, kini mereka sedang menguji coba fitur penggalangan dana. Ada tombol donasi yang bisa diklik. Ini mirip dengan situs crowdfunding yang bisa dipakai untuk menggalang dana.

Dengan fitur tersebut, organisasi atau komunitas bisa mengajukan crowdfunding langsung dari laman jejaring sosial tersebut. Nama fiturnya adalah Fundraiser. Seperti dilansir Facebook Newsroom, ini memungkinkan pengguna untuk menyumbang tanpa harus log out dari Facebook.

Fundraiser dibuat sebagai wadah penggalangan dana bagi organisasi non-profit melalui halaman Facebook mereka. Isinya tak jauh beda seperti Kickstarter, di halaman donasi bisa dilihat perkembangan sumbangan untuk tujuan kemanusiaan tersebut.

Tombol donasi tersebut juga bisa disematkan di Facebook Pages dan konten yang diunggah ke halaman milik masing-masing organisasi. Saat ini sudah ada 37 organisasi bekerjasama dengan Facebook, diantaranya adalah Mercy Corps, National Multiple Sclerosis Society serta Word Wildlife Fund.