Sebelumnya, ketika kita melakukan screen shot atau screen capture pada sebuah Story dari teman di Instagram, teman tersebut akan mendapatkan notifikasi. Bahwa Story-nya di-screen shot oleh seseorang. Fitur ini sempat dirilis ke beberapa pengguna di awal tahun ini.

Namun ternyata uji coba itu tidak menghasilkan sesuatu yang positif. Banyak pengguna Instagram justru tidak suka dengan fitur tersebut sehingga Instagram akhirnya memutuskan untuk batal meluncurkannya ke seluruh pengguna.

Empat bulan uji coba membuat Instagram cukup mendengarkan pendapat user. GSM Arena menulis, pembatalan peluncuran fitur itu memang karena tidak mendapatkan respons positif dari para pengguna Instagram. Meski Instagram sendiri belum mengkonfirmasi alasan ini.

Notifikasi screen shot ini memang ditiru Instagram dari Snapchat. Snapchat sudah lebih lama memiliki fitur notifikasi ini agar user tahu konten mana kira-kira "menarik" perhatian orang atau siapa saja yang melakukan screen shot dari konten tersebut.

Sementara pengguna Instagram merasa ini menjadikan mereka tidak bebas dalam membagikan Story teman dengan cara screen shot. Karena saat ini membagikan sesuatu di media sosial sudah menjadi hal yang biasa.