Dalam sebuah event belum lama ini, Samsung memperkenalkan tampilan antarmuka terbarunya yang diberi nama One UI. Sebuah tampilan yang diklaim Samsung mengedepankan kenyamanan user (UX) sebaik-baiknya. Nah, flagship terbaru Samsung sudah dipastikan akan dapat update versi Beta dari One UI.

Update Beta ini akan digelontorkan akhir November untuk flagship-flagship terbaru. Di antaranya S9, S9 Plus dan Note 9. Lantas, bagaimana dengan flagship keluaran lama?

Sayang sekali Samsung tidak akan memberikan update untuk smartphone flagship keluaran di bawah tahun 2017. Artinya Samsung Galaxy S7 Edge dan di bawahnya tidak akan dapat update One UI ini. Namun, untuk Galaxy S8 dikonfirmasi akan diberikan.

S8, S8 Plus dan Note 8 dijamin Samsung tetap bisa update One UI. Namun Samsung belum memberikan kepastian kapan akhirnya deretan smartphone yang dirilisnya di tahun 2018 itu akan dapat update. Sementara versi final dari One UI yang disebar ke smartphone berkode 9 akan dirilis Januari.

One UI memodifikasi banyak hal dalam hal tampilan demi membuat user lebih nyaman. Di antaranya notifikasi dari My Schedule yang akan menanmpilkan detail agenda dan waktunya. Setting pun bisa diakses dalam satu tap saja.

Di sisi lain, aplikasi bawaan dari Samsung pun akan tampil beda dengan dua antarmuka. Samsung juga menyelipkan night mode untuk mengurangi paparan cahaya ke mata pengguna. One UI dijanjikan lebih modern dan elegan.