Bukan buat orang berotak mesum ya. Targetnya profesional, dari fotografer, ilmuwan sampai forensik.

Kamera mirrorless Fujifilm X-T1 memang cukup fenomenal selama beberapa tahun terakhir. Tapi akhir Oktober ini, Fujifilm kembali bikin sensasi. Produsen kamera asal Jepang ini mengumumkan produk terbarunga, X-T1 IR.

Spesifikasi teknis dan bodinya secara umum sama dengan pendahulunya. Cumaaaaa, bedanya satu dan sangat signifikan, tembus pandang bro! Wuidiiihhh...

Ini karena X-T1 IR punya kemampuan melihat sinar inframerah yang enggak terlihat oleh mata manusia. Gelombang cahaya yang bisa terlihat manusia panjangnya antara 390 nm (violet) sampai 700 nm (merah). Di atas itu, adalah rentang cahaya inframerah.Menurut Fujifilm, X-T1 IR bisa menangkap gelombang cahaya di atas maupun di bawah batas lihat tersebut, sampai 1000 nm dan 380-400 nm.

Fotografi inframerah memang bisa menghasilkan foto-foto yang artistik. Foto pohon dan rumput di siang bisa terlihat seperti berselimutkan butiran salju. Dengan langit biru jadi merona ungu tua. Efek lainnya, bisa memotret menembus pakaian. Enggak semua pakaian sih, cuma pakaian dengan kain yang cukup tipis.

Ini bukan kamera buat yang berotak mesum ya. X-T1 IR mentargetkan konsumen profesional yang biasa membuat foto-foto inframerah, penyelidik TKP kejahatan alias forensik untuk menginvestigasi noda darah, luka dalam dan goresan di atas kerta. Juga keperluan kesehatan dan ilmu pengetahian.

Selain fitur inframerah ini, semuanya sama dengan generasi pertama X-T1. Termasuk harganya.