Teknoup.com --- Menurut laporan dari The Information merek Nexus akan ditinggalkan Google, dan menggantinya dengan program Silver Certification. Program ini diharapkan dapat mendorong beberapa manufaktur untuk memproduksi perangkat spesifikasi tinggi dengan bloatware yang terbatas. Sebagai tambahan, bagi pemilik perangkat yang masuk ke program ini dapat menghapus aplikasi non-Google.

Menurut laporan tersebut, dua manufaktur yakni Motorola dan LG sudah menyampaikan ketertarikannya untuk ikut. Sedangkan Samsung dan HTC rupanya tidak tertarik akan program ini. LG sudah merilis dua perangkat Nexus hingga hari ini, sedangkan Motorola sempat dimiliki oleh Google. Mungkin bukan sebuah kebetulan karena antarmuka TouchWiz dan Sense merupakan dua antarmuka Android yang terpopuler diantara manufaktur ternama lain.

Jajaran Nexus pertama kali ditandai dengan rilisnya ponsel Nexus One yang dibuat oleh HTC. Ponsel ini hadir sebagai ponsel pertama yang berjalan di Android Eclair 2.1. Kemudian perkembangannya Nexus menjadi jajaran bagi pengguna yang ingin merasakan pengalaman Android Google murni, dan tidak lupa update yang selalu menjadi prioritas. Jika program Silver Certification ini sudah berjalan, mungkin Google hanya dapat memberikan pengalaman Android murni ke perangkat-perangkat edisi Google Play saja.