Banyak fitur aplikasi dalam Google Pixel yang eksklusif hanya bisa digunakan di ponsel itu saja. Google sengaja tidak merilis fitur-fitur dalam aplikasi buatannya ke smartphone Android lainnya. Tapi kini Google mengambil jalur yang berbeda.

Google akan merilis aplikasi Google Lens ke semua perangkat Android secara bertahap. Google Lens adalah kamera pintar yang diselipkan Artificial Intelligence berupa computer vision yang punya berbagai kemampuan.

Di antaranya bisa menyimpan langsung ke kontak setelah mengambil gambar sebuah kartu nama. Jadi pengguna tidak perlu lagi mengetik ulang informasi yang ada dalam kartu nama tersebut. 

Selain itu, Google Lens juga bisa memberikan informasi tentang landmark terkenal di sebuah lokasi. Informasi yang diberikan muncul dari analisa gambar yang dilakukan Lens yang kemudian ditampilkan di layar seolah-olah kita melakukan pencarian di Google.

Berbagai kemampuan lain pun bisa dilakukan Google Lens. Seperti misalnya ketika memotret barcode sebuah kode WiFi, maka kamera tersebut akan langsung menyambungkan perangkat dengan WiFi.

Ditulis 9to5Google, Google juga akan merilis Lens untuk iOS. Namun belum diberikan tanggal pastinya. Sementara pengguna Android di beberapa negara sudah bisa menggunakan fasilitas ini lewat aplikasi Google Photos.