Teknoup.com --- Selesai monopoli Apple empat tahun berturut-turut sebagai merek paling bernilai di dunia, karena kini Google mengambil posisi nomor wahid sebagai merek paling bernilai di dunia.

Informasi ini kami berikan berdasar dari data Millward Brown, sebuah agensi peneliti pasar global. Nilai merek Google meningkat 40 persen dalam satu tahun menjadi $158.84 milyar USD, mengalahkan Apple yang bernilai $148 milyar USD, turun sekitar 20%.

Sebelumnya Google berhasil menggeser IBM sehingga menempati posisi kedua tahun lalu.

Menurut Benoit Tranzer, kepala Millward Brown Perancis, hal ini terjadi karena euforia Google Glass dan investasi yang berlanjut di bidang AI sehingga menumbuhkan nilai dari brand tersebut, dan aktivfitas-aktivitas yang dilakukan memberi sinyal kuat ke konsumen tentang inti dari Google.

Di posisi ketiga kini ditempati IBM dengan nilai $107 milyar USD, diikuti Microsoft dengan nilai $90 milyar USD.

Mungkin Apple mengalami penurunan sehingga posisinya tergeser oleh Google, namun setidaknya Apple masih memiliki posisi yang baik jika dibandingkan dengan rivalnya Samsung yang hanya berada di posisi 29 dalam daftar merek paling bernilai versi Millward Brown dengan nilai $25 milyar USD.