Talkmen.com --- Rumor keberadaan generasi Nexus mendatang terus berhembus. Sempat diisukan akan diganti Android Silver, generasi terbaru Nexus nampaknya masih terus disiapkan. Salah satu bukti terbaru diungkap oleh Android Police yang menemukannya lewat referensi laporan bug Android L di Google issue tracker.

Menurut bocoran kali ini, Nexus generasi mendatang kemungkinan adalah Motorola Shamu. Shamu adalah sejenis hiu Orca, sesuai dengan penamaan Nexus terdahulu seperti tilapia atau maguro yang juga merupakan makhluk laut.

Android Police menilai rumor ini cukup meyakinkan, dan percaya jika Shamu saat ini sedang aktif dikembangkan. Namun demikian spesifikasi yang terungkap sedikit membuat kepercayaan ini menurun.

Menurut rumor ini, Motorola Shamu akan memakai layar 5,9 inci dan sensor sidik jari. Shamu ditargetkan rilis bulan November mendatang meski bisa saja berubah. Shamu diketahui menjalankan kode Google AOSP, sesuatu yang tidak biasa dilakukan untuk perangkat non-Nexus.

Setelah diteliti lebih lanjut diketahui bahwa laporan atas Motorola Shamu ini dikeluarkan oleh Spirent Communications, sebuah perusahaan yang biasa melakukan ujicoba suatu peralatan untuk menemukan masalah yang ada. Spirent diketahui juga memiliki katalog di Play Store berisi beberapa aplikasi pengujian perangkat.

google nexus