Aplikasi Google Maps adalah salah satu yang selalu digunakan sehari-hari. Kini aplikasi peta digital ini semakin disempurnakan fiturnya dengan penambahan pendeteksi kecepatan.

Fitur ini sebenarnya sudah dimiliki oleh aplikasi Waze yang pada 2013 lalu dibeli oleh Google. Kini beberapa negara sudah bisa menggunakan fitur pendeteksi kecepatan ini dengan mengaksesnya di menu Settings.

Sayangnya bro, Indonesia belum masuk ke dalam daftar negara tersebut. Android Police menulis, negara-negara yang baru bisa menikmati fitur ini antara lain Argentina, Australia, Belgia, Brasil, Kanada, Republik Ceko, Finlandia, Jerman, India, Belanda, Polandia, Portugal, Swedia, Taiwan, Amerika Serikat dan Inggris.

Kehadiran fitur ini melengkapi beberapa fitur baru yang sudah dimiliki Google Maps. Seperti misalnya pelaporan kecelakaan, pelaporan jalan ditutup, kamera pendeteksi kecepatan, dan beberapa fitur lain yang sangat bermanfaat buat pengendara. Untuk para pengemudi sepeda motor pun sudah disediakan peta khusus pemotor.

Belum ada kabar kapan Google akan merilis fitur baru ini secara global. Mungkin dalam beberapa bulan ke depan, kita sudah bisa menggunakannya di Indonesia. Semoga saja.