Belasan juta pengguna sepeda motor di Jakarta kini bisa mendapatkan kemudahan dalam berkendara tanpa harus takut tersasar. Atau takut kalau-kalau melewati rute yang dilarang untuk sepeda motor. Kenapa? Karena Google resmi merilis fitur rute khusus sepeda motor di Maps.

Selama ini pengendara sepeda motor hanya memanfaatkan Maps dari rute yang diberikan untuk pengendara mobil. Sehingga seringkali terjadi kesalahan rute seperti misalnya melewati area-area yang tidak boleh dilalui sepeda motor.

Selain itu, pengguna sepeda motor sebelumnya harus mematikan rute tol agar tidak diberi jalur lewat jalan tol lewat aplikasi tersebut. Kini lebih mudah karena Google menyelipkan satu rute khusus dengan logo sepeda motor di deretan pilihan rute yang ada di bagian atas Google Maps.

Google Maps Kini Punya Rute Khusus Bikers

Dengan menggunakan fitur sepeda motor ini, Google Maps akan merekomendasikan jalur tercepat termasuk lewat jalan-jalan kecil yang kira-kira masih bisa dilalui oleh sepeda motor. Sangat membantu dalam kondisi jalan raya yang terlalu padat.

Selain itu Google juga menyempurnakan estimasi waktu tempuh jika memilih mode sepeda motor. Dikarenakan meski melewati jalur utama yang dilewati mobil, sepeda motor bisa menyelip sehingga bisa bergerak lebih cepat.

Google Maps juga memberikan fitur detail navigasi pada mode sepeda motor dengan menandai landmark tertentu untuk mempermudah pengendara mengenali rute dan mengingat jalur yang dilalui. Untuk mendapatkan fitur ini, update aplikasi Google Maps loe ke versi terbaru.

Sayangnya baru Android saja yang bisa merasakan fitur ini. Pengguna iOS masih harus bersabar.