Tahun 2014 ini sepertinya menjadi tahun di mana perusahaan-perusahaan besar makin berlomba-lomba berinovasi untuk memberikan yang terbaik. Jika diperhatikan dengan lebih teliti dari waktu ke waktu akan selalu ada bentuk kreativitas yang baru, entah itu dari fitur, tampilan, atau aspek lainya. Hal tersebut juga nggak luput untuk dilakukan oleh Facebook. Kali ini, media sosial buatan Mark Zuckerberg tersebut meluncurkan Crisis Center.

Crisis Center adalah fitur terbaru dari jejaring sosial media yang logonya berwarna biru tersebut. Fungsinya adalah untuk mengetahui keadaan orang-orang yang hidup di daerah rawan bencana. Seperti dikutip dari The Verge, Facebook udah menentukan titik-titik di dunia ini yang rawan bencana. Tinggal tekan I’m Safe, user bisa memberitahukan kepada friendlist tentang keadaannya.

Mark Zuckerberg yang kemarin sempat berkunjung ke Indonesia, meresmikan fitur paling anyar Facebook ini di Jepang. Negara tersebut dipilih karena emang seperti yang udah diketahui, rawan sekali akan bencana, misalnya aja tsunami beberapa tahun lalu. Meskipun perkembangan teknologi di negara tersebut juga nggak pernah mengalami kemunduran, tapi keberadaan Crisis Center ini tetap lah sangat bermanfaat.

Dengan fitur baru ini, diharapkan makin memudahkan korban bencana untuk memberikan pesan peringatan dini kepada dunia. Untuk sementara fitur Crisis Center ini masih tersedia di Android, iOS dan versi desktop.

Dengan ditambahkannya fitur ini, maka makin lengkap deh keunggulan Facebook. Mudah-mudahan aja dalam waktu dekat, Crisis Center ini juga bisa segera diimplementasikan di Indonesia.