Setelah kurang lebih 4 tahun, Apple akhirnya merilis iPhone SE generasi kedua. Rumor tentang iPhone SE 2020 ini sebenernya udah ada sejak tahun 2018 lalu, tapi rumor tersebut baru terkonfirmasi tahun kemarin gak lama setelah peluncuran iPhone 11.

Peluncuran iPhone SE 2020 ini ditunggu banyak orang, bahkan oleh non pengguna iOs sekalipun. Soalnya, harga yang ditawarkan oleh iPhone SE 2020 ini terhitung murah kalau dibandingin dengan seri iPhone terbaru. Saat dirilis beberapa waktu lalu, Apple ngumumin kalau harganya cuma USD $399, dengan spesifikasi yang mirip dengan iPhone 11.

Walaupun harganya beda lumayan jauh, ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing iPhone lho Bro.

iPhone SE punya body yang lebih compact

Kalau lo penggemar smartphone dengan ukuran yang ringkas tapi punya performa yang super ngebut, mungkin lo bakal lebih cocok beli iPhone SE 2020 ini. Soalnya Bro, iPhone SE 2020 ini membawa dimensi yang mirip banget dengan iPhone 8 yang rilis beberapa tahun lalu. iPhone 8 sendiri disukai banyak orang karena ukurannya yang ringkas dan bodynya yang tipis. 

Bicara soal desain yang mirip dengan iPhone 8, Apple akhirnya mengembalikan home button yang kembali difungsikan sekaligus sebagai fingerprint scanner.

iPhone 11 punya kamera lebih baik

Kalau lo gak terlalu mikirin performa kamera, mungkin iPhone SE 2020 udah cukup. Tapi kalau lo adalah pengguna berat di sektor kamera, dan sedang mempertimbangkan untuk beli iPhone, mungkin iPhone 11 lebih baik buat lo.

iPhone 11 punya dua lensa dimana lensa sekundernya membantu untuk menangkap gambar wide angle lebih baik. Selain itu, meskipun kedua iPhone punya kemampuan 5x digital zoom, cuma iPhone 11 yang punya hardware untuk mendukung 2x optical zoom. Artinya, hasil zoom yang dilakukan di iPhone 11 lebih baik daripada iPhone SE 2020. Selain itu, kamera depan iPhone 11 juga punya angka megapixel yang lebih besar, yang artinya lo bisa menangkap gambar yang lebih tajam dengan kamera depan iPhone 11.

Prosesor dan Baterai? Keduanya punya kekuatan yang sama

Seperti yang gue sebutin sebelumnya, bahwa iPhone SE 2020 ini bawa spesifikasi yang mirip dengan iPhone 11. Keduanya sama-sama ditenagai oleh chipset Apple A13 Bionic, chipset terkencang yang dimiliki iPhone saat ini. Meskipun punya ukuran baterai yang lebih kecil, iPhone SE 2020 diklaim punya ketahanan baterai yang mirip dengan iPhone 11 karena ukuran layarnya yang lebih kecil dan juga resolusi layar yang sedikit lebih rendah.

Main game? Dua duanya libas, Bro! Soalnya chipset A13 Bionic yang tertanam di dalam kedua smartphone ini gak bakal kesulitan memainkan game apapun yang tersedia di app store.

Mana nih Bro yang menurut lo lebih bagus, iPhone 11 atau iPhone SE 2020?