Apple udah nggak lagi menjual iPhone 12 dengan menyertakan charger dalam paket penjualannya. Tahun depan di perilisan iPhone 13, rencananya smartphone terbaru Apple ini juga tidak akan punya port sama sekali alias portless.

iPhone 12 masih menyediakan colokan buat charger meski sudah juga didukung oleh teknologi wireless charging. Setelah sebelumnya Apple juga menghilangkan jack 3,5 mm buat audio dan beralih ke koneksi nirkabel.

Nah, kabarnya iPhone 13 tidak akan punya port apapun di bodi handphone-nya. Semua kegiatan pengecasan akan dilakukan secara wireless dengan teknologo MagSafe yang sudah diperkenalkan Apple di iPhone 12.

Isu ini mulai disuarakan oleh seorang pembocor bernama Jon Posser. Meski belum ada yang bisa dipastikan karena Posser sendiri masih memberikan jawaban yang abu-abu. Namun ada kemungkinan bahwa beberapa versi iPhone 13 yang dirilis tahun depan akan portless.

Seperti diketahui Apple merilis iPhone 12 dalam beberapa varian. Mulai dari Mini hingga Pro Max. Ada kemungkinan varian-varian tersebut ada yang menyediakan port ada yang tidak. Namun ini masih akan terjawab di perilisan iPhone 13 tahun depan.

Di tengah kondisi pandemi yang tidak menentu, ada banyak hal yang mungkin berubah. Termasuk soal perilisan iPhone 13 ini. Namun tentu para penggemar Apple berharap bisa melihat perangkat baru ini dengan tepat waktu.